Membuat Teks Area dengan sorot


Assalamu'alaikum wr. wb.
Ada alternatif lain untuk membuat text area , yakni text area dengan dilengkapi dengan tombol highlight. Pada postingan terdahulu juga pernah disampaikan pembuatan teks area, silahkan lihat di sini. Tombol highlight berguna untuk mempermudah pengunjung untuk mengcopy seluruh text ataupun kode-kode yang ada di dalam kotak teks. Caranya dengan meng” klik” highlight 1 kali saja , maka seluruh text ataupun kode-kode yang ada di dalamnya akan di sorot dan tinggal di copy saja. Bagi panjenengan yang penasaran ingin lihat seperti apa teks area dengan 1 kali klik aja. Ini contohnya:





Cara membuatnya silahkan anda copy kode HTML di bawah :

<div><form name="copy"><div align="center"><input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" value="Highlight All" type="button"> </div><div align="center"></div><p align="center"><textarea style="width: 305px; height: 149px;" name="txt" rows="105" wrap="VIRTUAL" cols="60">kode-kode yang banyak dan rumit silahkan tulis di sini, untuk di copy oleh pengunjung </textarea></p></form></div>


Keterangan : Ada dua bagian kode tersebut diatas

I. Elemen tombol highlight All :
  • <div align="center"> --> kata center , posisi tombol akan berada di tengah. Bisa diganti panjenengan Left , maka tobol akan berada di sebelah kiri dan diganti dengan Right maka tombol berada disebelah kanan.
  • <input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.selec()"> --> kode ini artinya ketika tombol highlight di klik, maka seluruh text yang ada di dalamnya akan di highligt (di sorot) .
  • Value="Highlight All" --> kata Highlight All adalah kata yang akan muncul di dalam tombol, bisa diganti dengan kata yang panjenengan suka. Misal "COPY KABEH"
II. Element text area :
  • <p align="center"> --> ini menunjukan bahwa text area akan berada di tengah, ingin di tepi kiri, ganti kata center dengan kata left, bila ingin di tepi kanan, ganti dengan right.
  • <text style="WIDTH: 300px">-->kata "WIDTH:300px" menunjukan lebar dari text area, panjenengan bisa memperpendek atau memperpanjang dengan mengganti angkanya saja.
  • HEIGHT: 149px --> angka "149px" menunjukan tingginya text area, silahkan dirubah sesuai kebutuhan.
Setiap ketelitian akan menghasilkan pekerjaan seperti yang diinginkan, semoga berguna dan sukses untuk panjenengan.
Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 komentar

Posting Komentar